Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 02 Desember 2010

TNI Bersihkan Candi Borobudur Dari Debu Merapi..!!!

Tahap tanggap darurat akibat erupsi Gunung Merapi yang telah terjadi selama lebih satu bulan masih  menyisakan banyak pekerjaan bagi aparat daerah setempat, termasuk prajurit TNI yang tergabung dalam  Satgas Penanggulangan Bencana Merapi.
Salah satu pekerjaan yang perlu mendapat perhatian adalah pembersihan Candi Borobudur di daerah Mungkid – Magelang, yang merupakan warisan budaya nusantara sekaligus obyek wisata yang sangat monumental di Jawa Tengah.
Selama hampir seminggu prajurit TNI dari Batalyon Armed 11 Kostrad, Batalyon Armed 3 Kodam IV/Diponegoro dan Pasukan Marinir serta aparat kewilayahan dari Kodim 0705/Magelang melaksanakan korve massal untuk membersihkan Candi Borobudur yang diselimuti debu vulkanik Merapi.
Pembersihan candi  peninggalan dinasti syailendra tersebut dilakukan dengan sangat hati-hati, sehingga tidak merusak relief yang ada di seputar Candi Borobudur. Dandim Magelang, Letkol Inf Ida Bagus Surya yang memimpin kegiatan tersebut, menekankan kepada prajuritnya agar hati-hati dalam melaksanakan pembersihan Candi Borobudur, Kamis (2/12).
Dalam pelaksanaan korve dilarang  menggunakan benda-benda tajam, seperti sangkur sikat kawat maupun sabit. Untuk menghilangkan  debu yang menempel di lantai candi digunakan alat pengeruk plastik, kardus atau triplek dan sikat ijuk, sehingga tidak merusak lantai maupun dinding candi. Demikian pula anggota TNI yang bertugas membersihkan candi dilarang menggunakan sepatu PDL, jadi harus menggunakan sepatu kets atau sepatu olahraga.
Selama ada bencana erupsi Gunung Merapi, kawasan Candi Borobudur dinyatakan tertutup untuk umum. Namun setelah aktivitas Merapi menurun dan radius daerah rawan merapi telah dipersempit, masyarakat setempat telah mulai melakukan aktivitasnya kembali di tempat-tempat yang dinyatakan aman dari bahaya merapi.  Satgas TNI Penanggulangan Bencana Merapi pun telah melakukan berbagai kegiatan untuk membantu pemerintah daerah.
TNI tidak hanya membersihkan Candi Borobudur, tetapi juga membuka akses masuk ke wilayah tersebut. Dengan adanya pembersihan  Candi Borobudur diharapkan aktivitas pariwisata di wilayah tersebut dapat segera bangkit kembali, sehingga dapat menopang perekonomian warga di sekitar Merapi yang selama ini terhenti dapat hidup kembali.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    TV Streaming Indonesia