Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 27 Agustus 2011

'SMB' TNI

"PERALATAN TEMPUR TNI "  

Senapan Mesin Ringan

FN Minimi, senapan mesin ringan modern dengan kaliber 5.56 yang paling banyak dipakai negara-negara NATO.

FN Minimi , senapan mesin ringan modern dengan kaliber 5.56 yang paling banyak dipakai negara-negara NATO .
Senapan mesin ringan adalah kategori senapan mesin yang secara umum lebih ringan dari senapan mesin lain pada masanya. Senapan mesin ini dirancang untuk dibawa oleh satu prajurit saja, walau terkadang bersama asisten. Kalau dibandingkan dengan senapan mesin sedang , senapan mesin ringan modern menggunakan peluru dengan kaliber yang lebih kecil, dan ukuran senapan lebih kecil dan ringan.
Pada awalnya senapan mesin ringan dibuat berdasarkan senapan otomatis, dan menggunakan magazen , misalnya Browning Automatic Rifle , Bren , dan RPK . Tetapi sekarang senapan mesin ringan modern lebih banyak menggunakan sabuk amunisi, agar bisa menembak untuk waktu yang lama tanpa harus mengisi ulang. Beberapa senapan mesin ringan, seperti FN Minimi ,

Senapan Mesin Sedang

Marinir A.S. dengan M240 di Camp Hansen, Okinawa. 
Marinir A.S. dengan M240 di Camp Hansen, Okinawa. 

Senapan mesin sedang , dalam lingkup modern, adalah senapan mesin yang menggunakan peluru kaliber berat, dan diisi menggunakan sabuk amunisi . Senapan mesin ini lebih tahan menembak untuk waktu yang lama dibandingkan dengan senapan mesin yang lebih ringan, karena dilengkapi laras yang lebih berat, sirip, kemampuan mengganti laras, sampai pendingin udara. Tetapi, senapan ini masih bisa diangkat dan dibawa oleh infanteri dan ditembakkan menggunakan bipod . Umumnya senapan mesin sedang beratnya antara 7 sampai 20 kilogram . Senapan mesin ini mengisi daerah abu-abu diantara senapan mesin berat dengan senapan mesin ringan .
Fitur yang harus ada pada senapan mesin ringan adalah kemampuan menembak yang lebih besar dari senapan otomatis, dan kemampuan digunakan sebagai senjata pendukung infanteri dengan menggunakan bipod, tetapi masih bisa digunakan pada dudukan dan tripod . Senapan mesin berat biasanya ditembakkan dari dudukan yang berat, dan senapan mesin ringan dengan bipod, senapan mesin sedang harus bisa digunakan pada keduanya.
Senapan Mesin Berat
Senapan mesin kaliber .50 M2 Browning dikelilingi selongsong yang terpakai.

Senapan mesin kaliber .50 M2 Browning dikelilingi selongsong yang terpakai.
Senapan mesin berat adalah senapan mesin berkekuatan tinggi dengan kaliber besar. Definisi lainnya adalah, senapan mesin dengan kaliber menengah, yang digunakan untuk menembak secara otomatis untuk waktu yang lama, dan ditembakkan dari dudukan statis. Definisi yang kedua dianggap sebagai definisi lama, dan definisi yang pertama dianggap sebagai definisi modern, tapi kedua tipe senapan mesin berat tersebut sudah ada sejak tahun 1800-an.
Contoh senapan mesin berat dengan kaliber menengah adalah senapan mesin Maxim , yang didinginkan dengan air , dioperasikan oleh lebih dari satu orang, dan tertanam pada dudukan tripod atau dudukan beroda. Kemudian contoh senapan mesin berat dengan kaliber besar antara lain adalah senapan mesin kaliber .50 M2 Browning .

 

Senapan Tempur

Senapan tempur M14 pada Perang Vietnam, 1968.
Senapan tempur M14 pada Perang Vietnam , 1968 .

Istilah senapan tempur bisa memiliki banyak arti. Tapi pada umumnya, istilah ini dipakai untuk menyebut senapan yang menembakkan peluru "ukuran penuh", yaitu kaliber besar seperti .303 British , .30-06 Springfield , dan 7.62 x 51 mm NATO . Senapan tempur bisa merupakan senapan bolt-action , semi-otomatis, burst , maupun full-otomatis. Senapan tempur modern memiliki pilihan tembakan ( selective-fire ). Semua senapan tempur memiliki laras yang panjang, dan menembakkan peluru kaliber besar.
Pada akhir pertengahan abad ke-20 , senapan serbu , dan kemudian karabin , telah lebih banyak digunakan dan menggantikan senapan tempur pada angkatan bersenjata modern. Hasil pengalaman pada Perang Dunia II menunjukkan bahwa pertempuran lebih sering terjadi pada jarak dibawah 300 meter. Ini berarti jarak jangkau dan penetrasi senapan tempur yang besar sebenarnya tidak dibutuhkan. Senapan tempur modern antara lain AR-10 , FN FAL , HK G3 , dan M14 .

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    TV Streaming Indonesia